Ini Harapan Mendagri Dalam Perayaan Hari Nusantara 2016

By Admin

nusakini.com-- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Arief Yahya dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo melaunching Hari Nusantara 2016. 

Launching berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Kementerian Pariwisata, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (22/8) malam. 

Rencananya, sebagaimana disampaikan pembawa acara, Hari Nusantara 2016 digelar di Kabupaten Lembaga, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tanggal 13 Desember 2016 mendatang. Presiden Joko Widodo yang juga Ketua Dewan Kelautan Indonesia dijadwalkan menghadiri acara tersebut. 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan. Adanya Hari Nusantara ini, bangsa Indonesia sebagai negara maritim harus menyadari dan melihat dirinya sebagai bangsa yang identitas dan kemakmurannya ditentukan dari upaya mengelola lautan samudera ini. 

“Untuk membangun semangat jati diri Bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan serta bertolak dari Deklarasi Djoeanda tanggal 13 Desember 1957, maka pada tahun 1999 tepat tanggal 13 Desember dicanangkan sebagai Hari Nusantara,” kata dia. 

Dua tahun kemudian, pada tanggal 11 Desember 2001, Presiden RI Megawati Soekarnoputri, melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 126 Tahun 2001, menetapkan bahwa tanggal 13 Desember dinyatakan sebagai ”Hari Nusantara”, dan resmi dinyatakan sebagai hari perayaan nasional. 

Pada 2016 ini, Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan Kabupaten yang terletak di ujung wilayah timur dimana lautnya berbatasan dengan Negara Australia, diminta siap menjadi tuan rumah Peringatan Hari Nusantara tahun ini. 

Melalui Hari Nusantara ini, Mendagri berharap, peran Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/kota dapat melaksanakan pembangunan untuk peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat. 

Selain itu dapat juga memperluas kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik guna menuju pembangunan yang berbasis maritim sesuai dengan misi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia 

“Kementerian Dalam Negeri selaku Ketua Panitia Pelaksana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselengaranya acara Launching Hari Nusantara 2016,” ujar dia.(p/ab)